Minggu, 14 September 2014

ABSTRAK

Judul: Pengaruh Penerapan Media Papan Buletin Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa V di MI Quraniah 8 Palembang.


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Quraniah 8 Palembang. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan media papan buletin terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Quraniah 8 Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari V.A dan V.B. Adapun sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling yaitu dengan melakukan undian, sehingga diperoleh siswa kelas V.B yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pre-test dan post-test), observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus product moment  dan test t.
Hasil analisis data didapatkan perbedaan hasil belajar setelah dilakukan  post-test dengan hasil mean sebesar 7,51 meningkat dari hasil post-test dengan hasil mean 4,96. Kemudian setelah dilakukan uji hipotesa dengan menggunakan rumus product moment diperoleh kesimpulan pada taraf signifikansi 5% adalah 0,367 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,470, dengan demikian harga korelasi product moment yang telah diperoleh 0,402. Adapun perbandingan angka kedua jenis korelasi tersebut adalah 0,367<0,402<0,470. Sedangkan untuk uji perbandingan dengan merujuk pada uji “t”  didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (to = 8,79) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2.05 dan tt.ts. 1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt ; yaitu 2,05<8,79>2,76. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian dengan menggunakan rumus product moment dan test t di atas dapat disimpulkan bahwa  yang diajukan ditolak. Ini berarti   diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media papan buletin terhadap hasil belajar ssiwa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Quraniah 8 Palembang.



*Semoga membantu yaa^^
keep fighting buat my junior! Wisuda di depan mata:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar